Pelatihan HR untuk Bisa Berkomunikasi dengan Baik


Kemampuan yang dibutuhkan oleh HRD ada banyak sekali yang perlu dipunyai, termasuk salah satunya adalah mempunyai kemampuan untuk berkomunikasi dengan baik. Pelatihan HR perlu diikuti sehingga bisa untuk memberikan keuntungan agar mempunyai kemampuan yang baik dalam mengelola SDM yang dipunyai oleh perusahaan. 

Manfaat meningkatkan skill komunikasi untuk HR

Salah satu pelatihan yang dibutuhkan adalah meningkatkan skill komunikasi yang perlu untuk dipunyai oleh HR karena bisa dimanfaatkan untuk beberapa hal berikut ini:

Melakukan Wawancara dengan Baik

Kemampuan komunikasi merupakan hal yang penting dipunyai oleh HR karena akan berhadapan dengan banyak orang. Salah satu kerja krusial yang dipunyai oleh HR adalah melakukan wawancara dengan pelamar. Biasanya HR mempunyai image yang kurang bagus terhadap pelamar seperti karena memberikan pertanyaan yang tidak relevan, biasanya memandang sebelah mata kandidat, dan juga berbagai hal lainnya. 

Hal tersebut akan memberikan image yang buruk untuk perusahaan karena tidak bisa melakukan komunikasi yang baik saat wawancara yang dilakukan. Oleh karena itulah agar bisa mempunyai image yang bagus sehingga juga berpengaruh pada perusahaan, maka bisa melakukan wawancara dengan teknik komunikasi yang baik.

Saat melakukan wawancara, HR perlu untuk memperhatikan hal berikut ini untuk penerapan komunikasi yang baik:

  • Hal yang perlu dilakukan adalah dengan melakukan kontak mata ketika berkomunikasi. Hal ini juga bisa diterapkan termasuk ketika melakukan wawancara, dengan melakukan kontak mata.
  • Selanjutnya adalah bisa mengatur emosi dan juga memberikan empati. Komunikasi yang berhasil adalah yang bisa memberikan respon sesuai dengan hal yang dikatakan oleh lawan bicara. Dengan memberikan empati maka akan dapat memberikan komunikasi yang bisa berjalan dengan baik.
  • Memperhatikan artikulasi ketika melakukan wawancara juga perlu untuk dijaga dan dilakukan dengan baik. Perlu untuk memperhatikan artikulasi atau pelafalan sehingga bisa menyampaikan pesan yang dipunyai dengan baik.

Menyampaikan Pendapat dengan Baik

HR juga perlu untuk mempunyai kemampuan komunikasi yang bisa ditingkatkan dengan mengikuti pelatihan HR maupun pelatihan soft skill. Kemampuan komunikasi dibutuhkan untuk bisa memberikan pendapat yang dipunyai dengan baik. HRD merupakan divisi yang penting di dalam perusahaan karena berhubungan dengan aset yang penting dimiliki kantor yaitu SDM. 

Agar bisa memberikan kenyamanan bagi SDM kantor, maka tentunya akan ada pendapat yang perlu untuk disampaikan. Pendapat tersebut perlu disampaikan dengan komunikasi yang baik, sehingga juga bisa diterima dengan baik. Dengan artikulasi yang ditata dengan baik, maka bisa untuk menyampaikan pendapat yang rinci, jelas, dan juga dapat dimengerti dengan baik.

Menyelesaikan Konflik Karyawan dengan Baik

Mengikuti pelatihan HR untuk meningkatkan komunikasi karena tugas HR yang juga penting untuk menyelesaikan konflik karyawan. Tugas HR juga perlu untuk menjaga keadaan di perusahaan agar tetap stabil dan tidak panas karena terjadinya konflik internal. HRD mempunyai tugas untuk memberikan solusi yang tepat untuk bisa menyelesaikan konflik yang terjadi. 

Biasanya konflik dapat diakhiri dengan melakukan komunikasi yang baik dengan pihak yang berkonflik. Apabila mempunyai kemampuan komunikasi yang baik, konflik yang terjadi di perusahaan akan bisa lebih cepat untuk teratasi sehingga menciptakan kondisi kantor yang nyaman dan kondusif kembali untuk bekerja.

Mendengarkan Keluh Kesah Karyawan

HRD juga mempunyai tugas yang bisa digunakan untuk bisa menampung keluh kesah yang dipunyai oleh karyawan. Tugas HR berhubungan erat dengan orang-orang yang ada di dalam kantor, yaitu karyawan yang biasanya mempunyai keluh kesah. Tugas dari HR bisa mendengarkan dari keluh kesah yang dipunyai oleh karyawan tersebut, sehingga bisa ditampung dan juga dicarikan solusinya dengan baik. Apabila memperhatikan mengenai concern yang dipunyai oleh karyawan, maka juga akan meningkatkan kenyamanan karyawan dalam bekerja sehingga bisa berdampak pada produktivitasnya yang bisa naik.

Menghubungkan Antara Atasan dan Karyawan

Kemampuan komunikasi juga bisa dimanfaatkan oleh HRD untuk bisa menghubungkan antara atasan dan karyawan. HRD merupakan jembatan yang bisa menghubungkan untuk bisa mengkomunikasikan kepentingan yang dipunyai oleh karyawan dan juga atasan. Tugas HR misalnya perlu untuk menyampaikan kebijakan baru agar bisa diterima oleh karyawan dengan baik. Sedangkan HR juga perlu untuk menyampaikan ide dan saran dari karyawan untuk atasan. Tugas tersebut perlu mempunyai kemampuan komunikasi yang baik, sehingga hasil dari tugas yang dilakukan akan bisa lebih efektif didapatkan.

Meningkatkan kemampuan komunikasi yang dibutuhkan untuk menunjang tugas dari HR bisa dengan mengikuti pelatihan HR maupun meningkatkan soft skill. Anda bisa mengikuti pelatihan Human Resource Management yang ada di Prasmul-ELI yang mempunyai cakupan pembelajaran yang lengkap termasuk juga komunikasi yang baik yang perlu dimiliki oleh HRD. Ikuti pelatihan untuk HRD di Prasmul-ELI dengan mendaftar secara online lewat website resmi atau bisa menghubungi kontak Prasmul-ELI di nomor +62 811 1991 1168 atau ke information@prasmul-eli.co.


Komentar

Postingan Populer