Cara Mendapatkan Pinjaman Biaya Renovasi Rumah Dengan Mudah

 


Properti memang termasuk sebuah aset yang mahal harganya, mulai dari harga material sampai dengan tenaga yang mengerjakannya memang memerlukan biaya yang relatif mahal, hal ini sebanding dengan hasil yang didapatkan nantinya. Itulah mengapa ketika merencanakan untuk melakukan kegiatan renovasi saja pastinya banyak orang yang berpikir panjang terlebih dahulu, apalagi dengan biaya renovasi rumah yang tidak bisa dikatakan sedikit jumlahnya.

Tips Apply Pinjaman Untuk Renovasi Agar Diterima

Sebenarnya ada banyak solusi yang bisa Anda temukan untuk bisa mendapatkan uang yang dipakai untuk kegiatan renovasi ini, dimana selain dengan menabung yang pastinya membutuhkan waktu relatif panjang atau lama, sebenarnya Anda bisa juga mendapatkannya melalui program kredit atau pinjaman kepada bank maupun lembaga keuangan lain. Hanya saja memang tidak ada jaminan nantinya apply Anda sudah pasti diterima, jadi berikut ini diantaranya beberapa tips yang bisa Anda terapkan, yaitu:

1. Pastikan punya tujuan yang jelas untuk renovasi hunian Anda, seperti area mana yang akan direnovasi serta berapa besar kira-kiranya anggaran yang dibutuhkan, Anda harus punya gambaran semacam ini dan pastikan juga jumlah pinjaman yang diminta tersebut masuk akal atau tidak melebihi kapasitas keuangan yang dimiliki, sehingga bisa diapprove oleh bank.

2. Sertakan jaminan atau agunan, dibandingkan dengan produk pinjaman tanpa agunan atau istilahnya adalah KTA, jika Anda ingin jenis pinjaman yang lebih aman dengan potensi approve atau diterima, maka lebih baik untuk memilih produk pinjaman berjaminan saja, karena akan lebih besar kemungkinan untuk bisa approve, nilainya juga relatif lebih tinggi menyesuaikan dengan harga barang jaminan atau agunan tersebut.

3. Lengkapi semua dokumen yang dimiliki, persyaratan dalam bentuk dokumen ini kenyataannya memang bukan sekedar formalitas, melainkan bagian penting yang harus dipenuhi, wajib bagi Anda untuk melengkapi semua dokumen tersebut tanpa ada yang kurang, karena kekurangan dokumen akan mempengaruhi proses pengajuan kredit serta ada kemungkinan besar untuk nantinya ditolak.

4. Pastikan punya history kredit yang sehat, selanjutnya Anda jjga harus tahu bahwa ada SLIK OJK yang dijadikan sebagai pertimbangkan oleh perusahaan pembiayaan untuk menerima atau menolak permintaan Anda. Jadi jika seandainya history kredit Anda buruk atau bermasalah, bisa jadi faktor penyebab penolakan, untuk itu harus diperbaiki terlebih dahulu sebelum mengajukan pinjaman biaya renovasi rumah.

5. Pastikan sudah punya pekerjaan dengan gaji tetap, karena bagaimanapun juga bank tidak akan mengabulkan permintaan kredit jika seandainya nasabah tidak berpenghasilan. Anda harus punya pekerjaan dan gaji yang tetap terlebih dahulu, hal ini dipakai untuk meyakinkan pihak bank, bahwa Anda memang layak diberikan pinjaman tersebut.

Utamakan bank tempat dimana Anda menjadi nasabah, apalagi dengan payroll disana, karena kemungkinan besar akan approve jika Anda mengajukan pinjaman kesini, dibandingkan dengan bank baru dimana Anda bukan termasuk bagian dari nasabahnya.

Bank Terbaik Untuk Pembiayaan Renovasi

Jika dilihat memang tidak hanya ada satu, melainkan begitu banyak bank yang menawarkan pembiayaan untuk renovasi rumah ini, namun Anda juga harus selektif memilih yang terbaik, berikut ini diantara tipsnya, yaitu:

1. Pilih bank dengan reputasi baik, karena jika reputasinya di mata masyarakat saja buruk, pastinya ada masalah dengan perbankan tersebut, hindari lembaga keuangan semacam ini.

2. Perhatikan beban biaya tambahan yang ditawarkan oleh bank tersebut, hal ini dilakukan agar nantinya Anda tidak merasa terlalu keberatan pada saat mengembalikan uang pinjaman tersebut, apalagi untuk beban bunga yang menjadi biaya utamanya.

3. Pertimbangkan fasilitas apa saja yang nantinya Anda dapatkan dari perbankan tersebut, cukup sepele namun kenyataannya memang sangat penting, hal tersebut dimaksudkan untuk mendapatkan lebih banyak benefit dari produk atau layanan yang diberikan.

Percayakan saja hanya kepada bank BCA, lembaga perbankan terbaik yang ada di Indonesia ini faktanya menawarkan begitu banyak produk pinjaman, termasuk diantaranya adalah biaya renovasi rumah, bisa dengan KPR renovasi atau kredit multiguna. Bahkan sekarang ini sudah ada fasilitas apply mudah yang nantinya bisa Anda lakukan secara online lewat aplikasi.

Komentar

Postingan Populer